WISATA GORONTALO – MANCING SANTAI SARONDE

WISATA GORONTALO MANCING SANTAI SARONDE – Buat para anglers mania, enggak akan sah kalau ke Gorontalo tanpa coba Mancing Santai Saronde. Lah kok dibilang santai sih? Ya itu karena ambisi mancingnya enggak muluk-muluk kok…. Hanya ngejar ikan-ikan seukuran telapak tangan sampai lengan….

Mancing Santai ini cocok buat sob dan keluarga yang enggak sering mancing di laut. Enggak perlu berlayar jam-jaman buat mancing ikan sebesar paha. Enggak usah pusing ngurusin ukuran senar dan komposisi umpan + pemberat sesuai medan tempur. Pokoknya pakai aja alat pancing satu ukuran, dan voala…. Dapet deh puluhan ikan berbagai macam ukuran dan warna yang cantik-cantik.

Mau coba? Ayo kita mulai ya….

PERSIAPAN

Ini tahap yang paling penting dalam kegiatan Mancing Santai Saronde. Ada beberapa hal yang harus dipersiapkan, yaitu sebagai berikut :

    1. Buat sob yang membawa alat pancing sendiri, jangan lupa untuk langsung susun dan siapkan komposisi pancing dasaran chicken rig. Ingat…. Bukan fried chicken ya…. Jangan salah.. liat baik-baik susunannya di gambar bawah ini.
    2. Kita akan pakai umpan bulu (feather bait, lihat gambar) most of the time. Jangan tergoda informasi-informasi sesat buat pakai umpan ikan dan lain-lain. Kita udah sering lomba mancing disekitaran Saronde, pakai umpan bulu, ikan hidup, teri, cumi, udang, sotong, teripang, sampai sepatu bekas…. Dan tetap pemenangnya adalah umpan bulu. Memang umpan seperti udang banyak yang nyamber, tetapi karena mudah hancur dan mudah terkoyak maka kita seolah-olah kayak di PHP-in sama ikannya.
    3. Kalau ada komponen yang kurang, mampir saja dulu ke toko alat pancing di Kota Gorontalo, seperti Toko Jangkar mas fishing di Jl Agus Salim, atau Toko Primas di JL Letjen Suprapto (di google map-in aja supaya tidak kesasar). Beli banyak-banyak pemberat tipe jantung/ belimbing ya…. Karena paling sering nyangkut/ hilang. Ukuran J7 dan J8 boleh lah.
    4. BAWA ANTIMO. Kita enggak tau situasi laut pada saat mancing. Jangan sampai ketika laut lagi agak bergelombang maka acara mancing berubah jadi acara muntah bersama. Minta peserta mancing yang enggak biasa naik kapal untuk makan antimo dulu sebelum jalan.
    5. Bawa makanan ringan, seperti biskuit atau roti. Jangan lupa juga bawa minyak kayu putih, untuk jaga-jaga kalau cowok kamu genit….. eh maksudnya kalau cowok kamu masuk angin.
    6. Telepon Bu Friska/ Pak Uton di Saronde, atur jadwal mancing kalian. Jangan dadakan, takutnya kapal dan nelayan yang akan nemenin sob semua udah ada yang booking. Biaya mancing untuk 6 orang selama 4-6 jam itu sekitaran 1.5 juta per paket. Enggak murah memang, karena biaya bahan bakarnya saja sekitar 50% biaya diatas.

MENUJU LOKASI MANCING

Lokasi Mancing Santai Saronde rata-rata berjarak 30 menit dari sekitaran pulau. INGAT !!! JANGAN PERNAH MANCING persis diseputaran Kepulauan Saronde (Saronde, Bogisa, Mohinggito), karena terlarang akibat kawasan ini sudah menjadi kawasan konservasi air. Jalan dulu kira-kira 20-30 menit dari Saronde/ pulau-pulau itu. Nelayan yang akan jadi guide kalian tau kok lokasinya. Dalam perjalanan, upayakan jangan banyak bergerak/ berdiri di perahu supaya tidak pusing. Ketika sudah sampai di lokasi, biasanya guide kita tidak akan langsung pasang jangkar, melainkan melempar pancingnya untuk mencek keberadaan ikan di lokasi tersebut. Ketika sudah dirasakan pas, maka guide akan melemparkan jangkar, dan setelah itu kalian baru boleh mancing.

Untuk memberikan garansi kepuasan bagi para pengunjung, guide pancing kami berani menjamin bahwa dalam trip ini minimal kalian akan dapat 30 ekor ikan. Ya rata-rata kalau saya mancing ber-4, satu jam dapat 100 ekor sih…. Jadi memang estimasi 30 ekor benar-benar sangat minim dan sudah mempertimbangkan efek negatif pencitraan dan dusta-dusta diantara kita.

Dibawah ini kami berikan peta lokasi Mancing Santai Saronde. Ingat bahwa Mancing Santai bisa berubah jadi serius ketika kalian semakin ke Barat arah Pulau Raja. Kalau kalian tahan berlayar 1.5 jam-an hingga belakang pulau Raja, disana ada palung dalam yang isinya ikan-ikan raksasa. Kedalaman pancing sudah lebih dari 100m, ukuran senar harus diatas 10kg, dan umpan ikan hidup. Disarankan kalian infokan kami terlebih dahulu sebelum kesana.

Mancing Saronde Lokasi

MANCING SANTAI SARONDE

Alat pancing yang akan dipinjamkan ialah berupa roll dengan senarnya. Hati-hati dengan mata pancingnya, karena bermata banyak (3 sd 5 mata sekaligus). Pancing tidak usah dilemparkan, cukup dicelupkan dipinggir perahu. Diulur hingga menyentuh dasar (sekitar 30 meter). Setelah menyentuh dasar, tarik benang sepanjang satu hasta supaya tegang…. Nah saat ini sob sudah siap untuk menunggu sambaran ikan.

Tarik ulur sedikit benang pancing untuk menimbulkan efek ilusi gerak umpan bagi ikan. Ingat bahwa yang kalian pakai adalah umpan tipu-tipu, sehingga ikan hanya bisa tertarik kalau umpan ini dimainkan. Kalau bingung gimana gerakinnya, tanyakan sama guide kita disana. Nanti akan diajarin.

Kalau sudah ada tanda-tanda ditarik ikan, segera sentak sedikit senarnya, lalu tarik senar keatas. Ingat, sob tidak perlu gulung senar itu kedalam roll-nya, tarik saja semua lalu jatuhkan kedasar perahu, senar tidak akan kusut kok. Setelah ikan muncul ke permukaan, berikan gulungan ini ke guide kami, biar dia yang akan melepaskan ikan dari kailnya. Sehabis ikan dilepas, sob bisa mancing lagi deh….

Oh iya, kami selalu membawa juga umpan ikan teri/ udang/ cumi dalam setiap perjalanan mancing. Jadi kalian akan punya back up kalau-kalau kurang berbakat pakai cara mancing tipu-tipu…. J Cara mancingnya hampir mirip sama pakai bulu, hanya jangan sering dimainkan. Biarkan saja dan sekali-kali ditarik.

DISARANKAN buat sob yang mendapatkan ikan dan tidak berminat untuk mengkonsumsinya, segera lepaskan kembali ikan ini ke alam.

SEHABIS MANCING

Setelah puas mancing, segera gulung roll senar supaya tidak kusut. Rapihkan semua dan berikan ke guide kami di lapangan. Bawa ikan-ikan hasil pancingannya ke Saronde, untuk dibakar dan dimakan bersama-sama. Jangan lupa minta disiapkan nasi hangat, dabu-dabu iris khas Saronde, dan tumis kangkung/ bunga pepaya sebagai pelengkapnya…

Selamat mencoba…..

Smilee…… (by tim Saronde)

Leave a Reply